(BAGIAN II)...
RAHASIA-RAHASIA MUSIK YANG JARANG DIUNGKAP ! akan kami bongkar disini, diantaranya;
- ketika membuat lagu banyak yg hanya fokus di 'nada jatuh' jarang yg memanfaatkan floating note seperti nada-nada suspended. padahal nada2 suspended mampu menstimulasi (merangsang) pendengar untuk makin penasaran mendengar.
- banyak yang tidak memanfaatkan part 'dry sound' untuk 'mengakrabi' pendengar supaya mampu masuk kedalam musik/lagu yang kita mainkan, kebanyakan sound yang dibuat sudah tertutup 'ribuan' efek yang tidak jelas.
- ketika band sedang berkumpul membuat beberapa lagu/musik, mereka kerap melupakan 'aneka referensi' sehingga lagu/musik yg dibuat terkesan sama semua atau monoton.
- bermain lead instrumen seperti solo guitar (melodi) lebih mudah daripada guitar fill in atau follow guitar, sebab solo itu cuma sendiri tanpa terganggu adanya vocal sehingga not apapun dan style apapun yg dimainkan masih bisa terdengar sah, namun ketika follow (main disaat vocal ada) maka pertimbangan nada dan timing menjadi lebih rumit, sebab jika asal masuk kemungkinan tabrakan sound bisa terjadi.
- bassist bisa lebih terdengar permainannya jika berani sedikit bermain upbeat, membaca timing, memaksimalkan ritem, melawan gitar/keyboard dengan mengambil harmoni yg berbeda (bermain bukan di root note), dll…
- salah satu bentuk harmoni instrumen, contoh: drummer yg cerdas mampu menempatkan permainan ‘ornament’ disaat gitar sedang plucking, bassist sedang soft solo dan keyboard sedang block string.
- nada2 kromatik bisa dimanfaatkan untuk mempermanis permainan piano/keyboard, terutama untuk passing note dengan dinamika yang baik, kebanyakan permainan piano/keyboard yg monoton karena tidak memanfaatkan trik ini.
dan lain-lain ...
(Words/Lesson By Dani Mkd @Reyal Musik)




No response to “Rahasia-Rahasia Musik Yang Jarang Diungkap (Bagian II)”
Posting Komentar